Sidoarjo

Leko Iga Penyet Sidoarjo

April 27, 2016

Makanan khas Surabaya, apalagi kalau bukan penyetan? Penyetan ini emang enak banget sih. Sebenernya ga semua penyetan itu dipenyet. Dinamakan penyetan juga entah mengapa, mungkin karena biasanya disajikan di sebuah cobek yang digunakan untuk ngulek sambal. Penyetan juga khasnya dimakan menggunakan tangan. Penyetan yang dimakan pake tangan, kenikmatannya naik 1000%!

Banyak sekali Restaurant penyetan di Surabaya. Mulai dari yang di emperan, rumah makan, sampai di hotel Bintang 5. Dan ga semua penyetan memiliki taste yang sama, tergantung didaerah mana asal penyetan tersebut. Kalo di Jalan Jagir Wonokromo, yang terkenal adalah penyetan dengan sambal yang sedikit encer, dan pedas manis sambalnya. Biasanya dimakan bersama Iwak Pe. Di daerah Dharmawangsa, banyak penyetan yang menyajikan dengan sambal super pedass, dan tidak terlalu encer.

Di Leko Iga Penyet sendiri, spesialisasi nya ada di Iga Penyet. Iga di Leko terkenal dengan ke empukannya, jadi ga susah pas dikunyah. Hmm, sounds good!

Cabang Leko Iga Penyet di Surabaya ada di:

Jln. Hr Muhammad – Ruko Surya Inti B-2, Surabaya Barat (Telp: 031 – 7347975)

Jln. Manyar Kertoarjo V/9, Surabaya

 

Karena kebetulan kali ini aku ngereview yang di Sidoarjo. Kalo menurutku, taste di semua cabang sama aja kok. Dari cabang Grand Indonesia Jakarta, Hr Muhammad, Manyar, semua aku udah pernah coba. Tapi balik lagi ke taste masing-2, mungkin ada yang lebih peka 😀

Namanya juga Leko Iga Penyet, ga afdhol kalo misalnya enggak pesan iga penyetnya. Oke deh, langsung cus pesan.

DSCF1053 DSCF1050

Jadi, ini adalah penampakan Iga Penyet (32,5k) yang menjadi favorite semua orang. Dagingnya banyak banget dalam satu porsi, ga ngerti lagi……. Sambalnya bisa request tingkat kepedasan, tidak pedas, sedang, sampe pedes pwol. Yang pedes banget ini, sambelnya bisa bikin nangis lho gais… Jadi be careful ya…

Iga nya emang bener bener banyak porsinya, dan empuk sekali! Karena aku request yang dagingnya tidak berlemak, dan beneran loh, tidak ada penampakan lemak di igaku. Taburan bawang putih, membuat igaku semakin gurih dan tasty!

Untuk teman makan, aku juga pesan Tempe Penyet (13k). Kalo tempe penyet ini, menurutku disetiap penyetan wajib ada. Ngga lengkap aja, kalo ga pake tempe saat makan penyetan.

Setelah iga penyet, aku tetap tidak mau jauh-2 dari Iga. Jadi aku memutuskan untuk mencoba yang satu ini:

DSCF1057

YASHHH! Iga Bakar (42k)! Bumbu bakarnya top banget. A lil bit spicy, dan sweetnya juga ada. Dimakan bersama sambal bajak dan nasi hangat, makin perfect nih! Porsinya juga entah kebetulan atau emang, lebih banyak daripada iga penyetnya.

Kalo aku, lebih suka iga bakarnya daripada penyet. Karena iga penyet iganya di goreng dulu, jadi agak oily.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Yak.. Selamat minum dulu biar ga kepedasan:

DSCF1046

es degan jeruknya terbaik!

Untuk harga harga menu di Leko Iga Penyet, nih foto buku menunya:

DSCF1037 DSCF1043 DSCF1042 DSCF1041 DSCF1040 DSCF1039 DSCF1038

Suasana di Leko Sidoarjo seperti ini:

DSCF1045 DSCF1044

Ya.. seperti Restaurant pada umumnya. Yang aku suka, ber AC, pelayanan cepat, dan pegawai yang cepat tanggap. Di jam jam rush hour ramenya engga karuan, jadi harus sabar ya! Biasanya sampe waiting list gitu lho~

  • Summary

Safe Budget: 30k – 50k/person
Parking Lots: Luas
Wifi: Yes
Payment methods: Cash and Cards
Dresscode: Casual.
Stop Kontak/Electrical Station: Yes
Ambience: Indoor  AC Non Smoking Area
Alamat: Jln. Jendral Ahmad Yani No. 3D, Pucang, Sidoarjo (depan SDN Pucang)
Opening Hours:  Everyday, 10.00 – 21.30

Contact Person: (031) 8050331

 

Always get connected with KulinerSby by adding our Social Media

Snapchat: KULINERSBY, Instagram: http://instagram.com/kulinersby, Line Official: @kulinersby, ask.fm: http://ask.fm/kulinersby

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply