dessert Dessert Parlour East Surabaya' Highcost Martabak Streetfood surabaya

Martabak San Fransisco: Asli dari Bandung ke Surabaya!

March 30, 2017

Kali ini aku mau cerita tentang Martabak. Yap, tepat sekali admin nulis ini pas malem2 dan lagi laper banget.. hmm. Jadi iseng iseng lihat di instagram, terus nemu martabak yang satu ini. Sebelumnya admin udah pernah cobain Martabak San Fransisco di Bandung dan asli, emang enak banget! Dan pas nemu ada yang update tentang martabak san fransisco buka di Surabaya, langsung cusss datengin ke  lokasinya. Lokasinya emang agak jauh dari rumah aku yang di Barat, yaitu di San Antonio Shopping Street, Pakuwon City, Surabaya Timur. Tapi meskipun jauh dari rumah aku sebenernya engga masalah karena bisa delivery order!

Martabak San Fransisco sendiri adalah pelopor martabak pertama di Indonesia, dan asli dari Bandung. Sebelum buka di Surabaya, mereka sudah melebarkan sayap ke Jakarta,  Cibubur, Bogor, dll. Konsep martabak ini memang engga seperti martabak lainnya, mereka punya keistimewaan sendiri lho. Makanya pas martabak ini buka di Surabaya, aku penasaran banget dan engga sabar buat cobain.

Untuk martabak manis, mereka menggunakan mentega yang non transfat, butter wisjman, keju kraft, adonannya apabila diatas 7 jam dibuang, tanpa ragi pengempuk pengawet, dus food grade jadi bisa langsung di panasin di microwave. Sedangkan martabak telor, menggunakan daging ayam/sapi asli bukan digiling, kulit crispy, sedikit telor banyak daging, minyak Barco, bawang yang selalu baru, dll. High quality banget, makanya harganya sedikit lebih mahal daripada martabak yang lain.

Martabak San Fransisco cabang Surabaya ini juga tempatnya oke, ada kursi didepan untuk menunggu, dan konsep pembuatan martabak yang open kitchen dan higienis, karena ditutupi oleh kaca transparan agar debu dari jalanan tidak masuk. Parkiran cukup luas dan nyaman, dan disekitar area banyak restaurant/cafe yang bisa menjadi pelengkap. Seru!

DSCF1236

Setelah sibuk membuka tutup buku menu dan daftar harga martabak san fransisco, pilihanku jatuh di…. bingung juga ya milihnya, karena banyak banget pilihannya. Mulai dari ukurannya aja udah 4 macem, belum lagi topping dan isiannya. Tapi yang pasti, admin kepengen banget cobain martabak manisnya satu, dan asinnya satu.

DSCF1230 DSCF1231

Untuk martabak manis, pilihanku di martabak manis jagung keju. Dengan ukuran medium karena aku makan sendirian aja :”) sambil nunggu, aku melihat proses pembuatan martabakku dari kaca. Emang pembuatannya bener-2 higienis dan semua bahan-bahannya ditaruh di tempat yang bersih lho. Kalian juga bisa milih mau dilipat atau dipotong ala pizza, kalo aku sih pilih dipotong ala pizza biar makin berasa toppingnya.

DSCF1259

Emang bener sih, adonan dari martabaknya empuk dan lembut banget, ngasih topping jagung dan kejunya juga engga pelit sama sekali. Untuk jagungnya emang engga pake jagung fresh sih, jagung kaleng, tapi rasanya aman kok tetep enak. Kejunya sendiri dijamin menggunakan keju kraft. Pas digigit, langsung berasa “krenyeess..” dari jagungnya. Very delicious!

Selanjutnyaaah, untuk martabak asinnya aku pilih Martabak Sapi plus topping Jamur. Parah deh ini, paraaaah, parrrraaawh enaknya! My favorite martabak asinnya disini, kulitnya crispy, daging sapinya dibumbuinnya super enak, dan juga super tebel. Will be craving this for more, more, and more. :”) pas disajikan juga udah engga berminyak, jadi rasa bersalahnya tuh engga banget banget :))

DSCF1240

(+)
Bisa delivery
Pilihan menunya banyak
Adonannya enak banget
Buka dari siang sampe malam

(-)
Harga lumayan mahal
Tempatnya panas kalau siang
Jauh dari pusat Surabaya/Sby Barat

SUMMARY

Safe Budget: 50k-100k/person
Pajak: included

Parking Lots:  Available
Wifi:  No
Payment methods: Cash and Cards Accepted
Dresscode: Casual
Stop Kontak/Electrical Station: No
Ambience:  Smoking Area Outdoor
Alamat: Ruko San Antonio Shopping Street N1-68, Pakuwon City, Surabaya Timur
Opening Hours: Everyday 11.00 – 23.00
Contact Person: 087770335758

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply