Cara Daftar Jadi Penjual Di Shopee Bagi Pemula

Shopee seller center - Posts | Facebook

Berjualan secara online saat ini semakin banyak diminati, entah itu melalui media sosial atau melalui e-commerce seperti misalnya Shopee. Sebab dengan berjualan online, para penjual tidak perlu bingung-bingung mencari toko dan mereka bisa menjangkau lebih banyak konsumen.

Tapi mungkin bagi penjual pemula yang baru pertama kali berjualan online, proses membuka toko dan berjualan online ini agak sedikit membuat bingung. Tidak perlu khawatir, karena dibawah ini ada info soal cara daftar jadi penjual di Shopee yang tentunya berguna bagi penjual pemula.

Berikut cara daftar jadi penjual di Shopee :

  • Daftar Akun Shopee

Pertama-tama, buka situs resmi Shopee di browser desktop. Selain melalui komputer, kamu juga bisa mendaftarkan diri melalui HP (Smartphone) dengan menggunakan aplikasi Shopee yang dapat diunduh di Google Play Store dan Apple App Store.

Buka akun baru dengan cara klik tombol Daftar yang berada disebelah sisi kanan atas. Setelah di-klik, silahkan isi formulir yang ada dengan data pribadi kamu.

  • Buka Dan Atur Toko

Setelah terdaftar, pilih menu Jual yang berada disebelah sisi kiri atas. Untuk di smartphone, kamu bisa mengakses menu ini dengan cara klik tab “Saya” yang berada disisi kanan bawah layar, lalu klik opsi “Mulai Jual” yang berada di sisi kiri atas.

Kemudian, kamu akan masuk kedalam fitur Shopee Seller Centre. Ini semacam pusat kendali untuk mengelola toko kamu. Silahkan pilih menu Pengaturan Toko. Lalu isi profil toko kamu mulai dari nama toko, deskripsi toko, logo atau foto toko, dan banner toko. Setelah semuanya diisi, tinggal klik Simpan.

  • Atur Alamat Toko Dan Jasa Pengiriman

Selanjutnya, pilih menu Alamat Saya untuk mengatur alamat toko kamu. Lalu, klik tombol Tambah alamat baru. Isi formulir yang ada dengan rincian alamat toko, lalu klik simpan.

Kemudian, pilih menu Jasa Kirimku untuk mengatur jasa ekspedisi pengiriman yang akan  kamu gunakan di toko. Akan ada beberapa pilihan, kamu tinggal klik toggle yang berada di jasa kirim yang diinginkan hingga berwarna hijau.

  • Atur Rekening Bank

Selanjutnya, kamu bisa mengisi rincian rekening Bank untuk melakukan pembayaran atau menerima uang penjualan. Caranya, tinggal klik menu Kartu/Rekening Bank. Nantinya kamu akan diminta untuk memasukkan password akun Shopee kamu untuk verifikasi.

Untuk menambahkan rekening Bank, tinggal klik Tambah Rekening Bank. Kemudian, isi form yang ada dengan rincian rekening Bank kamu, lalu klik Lanjut.

  • Mulai Berjualan

Sekarang toko kamu sudah jadi dan siap digunakan untuk berjualan online. Untuk memulai berjualan, klik ikon kotak yang berada disamping nama akun, lalu pilih menu Produk Saya. Untuk menambahkan produk yang hendak dijual, klik opsi Tambah Produk Baru. Tuliskan nama produk, lalu pilih kategori yang cocok untuk produk jualan. Sebagai contoh, Pakaian Wanita > Atasan > Kemeja, lalu klik Lanjut.

  • Masukkan Rincian Produk

Masukkan informasu seputar produk secara rinci di form yang telah disediakan. Informasi tersebut mencakup deskripsi, merek, asal produk, bahan, dan style. Kemudian, isi informasi penjualan termasuk harga dan juga jumlah stok produk.

Unggah foto-foto untuk memamerkan produk yang kamu jual. Shopee memungkinkan kamu untuk mengunggah hingga sembilan foto. Selanjutnya, masukkan rincian untuk pengiriman termasuk berat produk dalam ukuran, ukuran paket, serta ongkos kirim.

  • Toko Siap Berjualan

Setelah semuanya kamu isi, klik Simpan lalu Tampilkan. Ulangi langkah memasukkan produk hingga semua produk jualan kamu terunggah di Shopee. Sekarang produk jualan kamu sudah dapat dicari dan dilihat oleh semua pengguna Shopee.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *