Cara Membeli iPhone 13 Secara Kredit Agar Mudah Disetujui

Membeli iPhone 13 kini bisa dilakukan dengan berbagai cara. Mulai dari menabung hingga memanfaatkan layanan credit hp tanpa dp yang banyak disediakan oleh berbagai lembaga keuangan baik online maupun secara offline.

Agar lebih mudah serta praktis, kamu bisa menggunakan layanan credit hp tanpa dp secara online. Persyaratan biasanya hanya beberapa dokumen tempat tinggal dan bukti penghasilan. Setelah itu kamu bisa mengajukannya sesuai dengan limit yang diinginkan.

Namun begitu, tidak semua pengajuan bisa disetujui. Ada beberapa hal yang biasanya jadi pertimbangan supaya kredit bisa disetujui dengan lancar. Apa saja kira-kira bocorannya? Simak ulasannya berikut ini ya.

1. Skor Kredit Baik

Jika sebelumnya sudah pernah mengajukan cicilan lewat lembaga lain, pastikan tidak ada masalah soal pembayaran sesuai dengan jatuh tempo. Semakin banyak mengajukan pinjaman, serta semakin rajin membayar sesuai dengan waktunya, skor kredit akan bernilai baik.

Namun sebaliknya, jika ada catatan pembayaran cicilan hanya membayar bunganya saja bahkan selalu melewati jatuh tempo, maka akan sulit mendapatkan skor kredit yang baik.

Sehingga dampaknya akan memberikan efek pada pengajuan kredit berikutnya. Historis catatan keuangan ke belakang biasanya menjadi salah satu pertimbangan apakah kredit kamu akan disetujui atau tidak. 

2. Penghasilan 3x Lebih Banyak dari Utang

Sesuai dengan prinsip yang sering disarankan beberapa pakar keuangan bahwa jumlah utang tidak boleh lebih dari sepertiga penghasilan. Maka, jika penghasilan sudah 3x lebih banyak dari jumlah utang yang ada, artinya masih ada kesempatan bahwa pengajuan kredit iPhone 13 kamu masih bisa disetujui.

Artinya jika kamu masih ada utang sementara punya kebutuhan untuk mengajukan cicilan baru, pastikan punya pendapatan tambahan sehingga jumlah penghasilan pun bisa sebanding dengan credit baru yang diajukan.

3. Lunasi Utang Sebelumnya

Cara lain agar kredit disetujui adalah dengan melunasi utang sebelumnya sebelum mengambil utang baru. Cara ini akan sangat mudah dilakukan jika dari satu lembaga keuangan yang sama. 

Maka, tidak heran jika ada debitur yang akan segera melunasi utangnya atau tenornya tinggal beberapa bulan lagi lunas, biasanya akan langsung mendapatkan tawaran untuk mengajukan cicilan utang baru tanpa diminta. 

4. Lengkapi Data Saat Pengajuan

Persyaratan menjadi syarat mutlak yang wajib dipenuhi. Namun, jika mengajukan secara online, syarat-syarat tersebut bisa lebih praktis dan lebih sedikit persyaratannya dibandingkan dengan pengajuan kredit lewat lembaga konvensional.

Prinsipnya kreditur perlu mengetahui berapa besar jumlah penghasilan serta rasio dan risikonya terhadap jumlah utang yang diajukan. Maka, cicilan iPhone 13 tidak boleh lebih dari sepertiga penghasilan. 

Data-data yang dimiliki baiknya discan dan diberikan watermark. Watermark bisa berupa informasi kepada lembaga apa diberikan, keperluan apa serta tahun ktp atau dokumen tersebut disubmit. 

Hal tersebut demi langkah keamanan agar pada saat terjadi kebocoran data bisa dideteksi sumber kebocoran datanya. 

5. Pilih yang Terdaftar di OJK

Nah, agar data-data yang disubmit aman, pilih fintech atau lembaga keuangan online yang benar-benar sudah terdaftar serta punya izin operasional dari Otoritas Jasa Keuangan seperti Kredivo.

Kredivo memberikan fitur cicilan hingga 12 bulan. Jika harga iPhone 13 berkisar antara Rp15 jutaan, maka kamu bisa mencicilnya selama 12 bulan dengan bunga cicilan 2,6% saja per bulan. 

Jika demikian maka cicilannya sekitar Rp1,3 jutaan sudah termasuk dengan bunga. Agar bisa disetujui, paling tidak penghasilan UMR kamu sudah bisa mencukupi selama kamu tidak punya utang di tempat lain.

Jika ingin tanpa bunga pun kamu bisa memilih tenor 3 bulan. Cukup bayar biaya adminnya saja sebesar 3% dari total harga barang. Namun memang cicilannya cukup besar jika kamu ingin membeli iPhone 13 dengan tenor yang singkat.   

Leave a Reply

Your email address will not be published.