East Surabaya' Lowcost Restaurant Standartcost Traditional

Coto Makassar Daeng Rewa

February 18, 2016
Setiap kali aku mendengar nama kota
Makassar yang pertama kali terlintas di pikiranku adalah Coto, lalu disambung
dengan Es Pisang Ijo, lalu Sop Konro dan yang terakhir sebagai penutupnya apa
hayooo..? yang pasti terakhir jangan lupa bayar yatohhh.. *
kena deh hahaha..
Nah buat kalian arek-arek Suroboyo yang berdomisili di daerah Surabaya timur,
sekarang udah gak perlu bingung lagi kalo nyari
makanan khas kota Makassar ini, apalagi sampai harus jauh-jauh ke daerah barat
karena Coto Makassar Daeng Rewa sudah
ada di Jl. Manyar Kertoadi 81c lebih tepatnya di ruko-ruko sebelum masuk ke
perumahan. Tempatnya memang sih tidak terlalu besar tapi cukup kok untuk
menampung pengunjung sampai dengan kapasitas 24 orang. Coba kita intip
sama-sama tempatnya ya..

Sekalipun tempatnya tidak menggunakan
pendingin udara (Air Conditioner)
tetapi cukup sejuk untuk duduk santai menikmati hidangannya dan yang penting
adalah tempat ini bersih lho.. susunan meja dan kursinya juga rapih serta
dilengkapi 2 buah kipas angin (Fan).

Untuk menu apa saja yang disediakan
selengkapnya bisa kita lihat dari gambar daftar menu ini nih..


Ga perlu basa-basi lagi panjang lebar yuk
langsung aja kita kupas satu per satu 3 (tiga) menu utamanya *jeruk kali ya dikupas.. berikut
gambarnya



Wah fotonya kok lagi pada ngumpul nih hidangannya..? mari kita pisahkan
mereka sendiri-sendiri, kita mulai dari Coto Makassar (24k) ya..


Disuguhkan dengan potongan daging sapi
khas yang empuk dan juga bisa ditambahkan jeroan
(optional) ditaburi bawang goreng
dan ijo-ijo kalo kata arek-arek Surabaya sini, mempercantik
tampilan kuahnya yang sudah pasti sedep
banget, tambahkan sedikit garam lalu
perasan jeruk nipis dan sambal tentu membuat Coto Makassar ini semakin tidak
bisa terlalu lama didiamkan diatas meja, pokok’e
mesti bin kudu ndang dimuakan ae wesss
*mana
tahannn..
huahahahahaha!!! Oh iya jangan lupa ya Coto ini biasanya dipadukan
dengan ketupat atau buras.

Next..
my favourite Green Banana Ice with White Soup Milk Mixed & Showered with Red
Syrup
*halah sok keminggrissss… oke, supaya semua gak salah paham,
singkatnya aja yaitu ES PISANG IJO (15k)

Kalau melihat foto Es
Pisang Ijo yang satu ini jadi inget waktu pertama kali aku datang ke tempat ini
dan mulai incip-incip, awalnya agak
sulit untuk percaya ada makanan khas Makassar se-enak ini di daerah Surabaya
Timur, tapi percayalah.. lebih sulit lagi kalo cuman boleh dilihat dan difoto aja
tapi gabole dimakan *curhat anak foodie
Pisangnya yang agak
tua terasa manis, dibalut dengan kulitnya yang gurih berwarna hijau serta
serutan halus es batu, siraman susu kental manis dan sirup merah membuat es
pisang ijo ini sangat dominan dengan rasa manis dan gurih.. highly recommended untuk dicoba.

Oke sekarang sebagai
hidangan penutupnya adalah Sop Konro (45k).
Lhoooo…?!?!?! penutupnya kok kelas berat yaakkkk..? well, to be honest Sop Konro ini sebenernya pesanan untuk main
course
partner aku yang sempat
saya kenakan pajak pertemanan alias sekedar incip-incip
aja lah hehehe..


Nah kalau soal rasa,
Sop Konro ini mungkin lebih mirip dengan Gulai tetapi dengan warna kuah seperti
Rawon *
apa’an coba mirip gule warna rawon?
ngawur ah.. lol
juga dilengkapi dengan bawang goreng ijo-ijo seperti Coto yang pertama kali kita bahas dan juga potongan
tulangannya yang masih ada daging menempel, kalau aku sendiri pribadi lebih
prefer Coto Makassar ya, ya masalah
selera aja gitu.. secara porsi juga Sop Konro ini lebih besar sehingga bisa
disantap bersama sampai dengan 2-3 orang.
Akhir kata, secara
keseluruhan Coto Makassar Daeng Rewa sangat bagus dan saya pastikan bahwa saya
akan sering kembali ke tempat ini lagi dan lagi dan lagi..
Selamat mencoba dan salam
ijo-ijo!
§   Summary
Safe Budget: 40k – 50k
Parking Lots: lebih dari cukup
Wifi: Not Available.
Payment methods: Cash Only.
Dresscode: Casual.
Stop Kontak/Electrical Station: No.
Ambience: Non AC.
Alamat: Jln. Manyar Kertoadi No. 81 C, Surabaya
Opening Hours:  09.00 – 21.00 WIB
Contact Person:
Telp. 0885-003-643

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply